Wednesday, December 28, 2011

ORANG HINDU YANG MENGAMALKAN AL-QUR'AN


Sabtu,24 Des 2011adalah Hari yang luar biasa,tak sengaja penulis bertemu tokoh pergerakan nasional Bali"I Gusti Bagus Saputra,SH"umur 80 tahun,pengarang buku"Merdeka melalui diplomasi, salah seorang tokoh yg Ikut Menggempur tangsi KNIL Margeriet Kamp.
Tapi bukan karena ini yang membuat penulis agresif berdialog bahkan merekam pembicaraannya tanpa dia sadari,karena penulis berpikir entah kapan akan bertemu lagi.

Pertemuan ini berawal dari ibu mertua mengajak ber-silaturahmi ke rumah gungkak/kakek yang tak lain adalah I Gusti Bagus Saputra sendiri, bersama istri dan keluarga, awalnya penulis hanya diam serta mengikuti alur cerita yang dibahas mereka (orang tua penulis), sambil melihat gerak - gerik yang biasa aj. Ah biasa aj,seperti kebanyakan kakek2.Lalu dibercerita tentang perjuangan dia masalalu,dengan niat memotivasi kami sambil dia mengatakan kalau dia telah menerbitkan dua buku,dan mau menerbitkan buku yang ke-4.saya sedikit kaget,dan berpikir "wah ini kakek agak beda dari yang lain, Lalu aku bertanya"umurnya sudah berapa kek..? Dia menjawab dia kelahiran 1931,wah keren saya bergumam dalam hati,Diumurnya yang ke 80 dia masih terlihat kuat,baik secara fisik maupun berpikir. dan sampai pada  disela - sela percakapan terdengar sang tokoh mengatakan bisa baca Al-Qur'an bahkan hapal beberapa ayat,serta mengamalkannya,karena dia suka belajar agama lain. sontak naluri penulis menangkap sinyal keunikan yang terdapat pada Kakek yang sudah berumur 80 tahun ini,



Penulis dengan agresif ingin tau lebih lanjut mengapa dia mengamalkan ayat Al-Qur'an sedangkan dia sendiri beragama Hindu. Dia bercerita kalau dia percaya dengan kekuatan doa, lantas ketika dia membaca Al-Quran  ayat "alfatehah,al-iklas,alfalaq,annas" dia merasa ada ketenangan dihatinya,oleh karena itu dia membacanya ditiga waktu yang berbeda yaitu ketika matahari terbit, matahari terbenam dan ketika terbangun dittengah malam..Dia mempercayai kalau ayat diatas memiliki kekuatan super,karena merupak inti dari Al-Quran terutama Al-Fatehah.

Dan dia memuji begitu indahnya doa yang terdapat didalam ke-4 surat tersebut. Dan dia selalu berulang-ulang memamerkan membacanya didepan penulis.."hehe kakek yang unik"
Lanjut dari situ dia menceritakan suatu riwayat nabi,dimana seorang sahabat mengobati orang dengan menggunakan surat Al-Fatehah. Sungguh luar biasa...Saya berpendapat seorang muslimpun,belum tentu bisa tau faedah yang dikandung didalam ayat - ayat ini,apa lagi cerita2 seperti itu. Sedangkan gungkak seorang yang beragama hindu,telah merasakan faedah tersebut.. :), sungguh luar biasa. Ahir pertemuan terpaksa penulis mengeluarkan sedikit ilmu NLP guna mendapatkan buku secara geratis dan pastinya lengkap dengan Tanda tangan aslinya...alhamdulilah manjur hihihi...:D, malah dapat bonus buku yang sedang dikarangnya yang masih di jilid :).
Ahir pertemuan ketika dia ikut mengantar ke mobil dia memberikan kata mutiara kepadaku, yang isinya seperti ini” Bahagia dalam harapan, Bersabar dalam cobaan, Bertekun dalam do’a”..Yang langsung tak tulis di Blackberry ku, takut lupa..hehe..

Semoga artikel ini memberikan secercah harapan buat saudara saya yang muslim agar lebih bisa mempelajari,memahami,memaknai/dan mengamalkan Kitab yang dianut (Al-Qur'an),bukan dijadikan azimat yang diletakkan diatas lemari,yang tidak pernah disentuh,apalagi dikaji. Wallahualabbissawab..semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan menjadi dokumen pengamalan hidup untuk penulis.
N.b : Ada dokumen rekaman yang mau penulis up-laod juga diartikel ini, namun itu menyusul kemudian.

2 comments: