Sunday, November 25, 2012

MISTERI HIGGS BOSON / PARTIKEL TUHAN


Penemuan Partikel Tuhan pada Selasa, 3 Juli 2012, menjadi tonggak sejarah perkembangan fisika partikel.Pada hari Rabu, 4 Juli 2012, Lembaga penelitian nuklir Eropa Conseil Europeene pour la Recherche Nucleaire atau CERN mengumumkan penemuan Higgs boson. Perburuan Higgs boson di CERN dilakukan oleh dua eksperimen, Compact Muon Solenoid (CMS) dan A Toroidal LHC Apparatus (ATLAS). Perburuan dilakukan dengan menumbukkan partikel dan mengobservasi adanya Higgs boson. Higgs boson sendiri tak diamati secara langsung sebab umurnya pendek. yang diobservasi ialah jejaknya.
Semenjak tanggal tersebut higgs boson membikin heboh dunia, tidak terkecuali indonesia dan mereka membahasnya dalam berbagai sisi. Apa si sebenarnya higs boson?Mengapa dia dinamaka Partikel Tuhan? Apakah ada hubungannya dengan kekuatan Supranatural?

Apa sebenarnya Higgs Boson?
Boson adalah nama untuk partikel-partikel yang cenderung menggerombol dengan partikel-partikel sejenisnya sendiri. Higgs boson adalah boson yang juga berinteraksi dengan partikel-partikel lain penyusun materi dan menyebabkan partikel-partikel lain penyusun materi tersebut memiliki massa (alias berat). Sebuah partikel yang membentuk sebuah obyek, baik itu molekul, sebutir apel, sebuah kereta, hingga sesosok manusia.

Mengapa dia dinamaka Partikel Tuhan?
Karena peranannya yang sangat penting dan wujudnya yang sulit dibuktikan.Jadi, istilah Partikel Tuhan (God Particle) pertama kali dimunculkan dan dipopulerkan oleh Leon Lederman untuk menyebut Higgs Boson dalam bukunya yang berjudul The God Particle: If the Universe Is the Answer, What Is the Question?. Leon Lederman sendiri, selain Pemenang Nobel Fisika 1988, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Fermilab (laboratorium di Amerika Serikat yang memburu Partikel Tuhan). Sebenarnya peletak dasar teori partikel Tuhan, yaitu Peter Higgs, menolak penamaan itu. Sebab pria 83 tahun itu adalah seorang ateis. Jadi sebenarnya tidak ada nuansa agama dalam partikel ini.

Apakah Posisi Partikel Tuhan sangat mendasar dan penting sehingga begitu heboh?
Posisi Partikel Tuhan memang sangat mendasar dan penting. Ia dibutuhkan untuk membenarkan Standar Model Fisika Partikel guna menjelaskan tentang mengapa suatu partikel memiliki massa dan yang lain tidak. Partikel Tuhan adalah partikel terakhir dalam teori model standar,ia merupakan kunci dari rahasia besar alam semesta. Ilmuwan mulai mencarinya sejak tahun 1964. Dalam model ini, alam semesta tercipta dari 12 partikel dasar dan enam pembawa gaya. Sebelumnya, baru lima partikel pembawa gaya yang ditemukan. Karenanya, ia memegang peranan penting dalam struktur alam semesta. Bisa dikatakan Tanpa kehadiran Higgs Boson, maka Quarks tidak akan terkombinasi membentuk Proton / netron. Kemudian Proton & Netron tidak akan terkombinasi dengan elektron membentuk atom. Tanpa atom maka molekul dan materipun tidak akan terbentuk, atau dengan kata lain tidak akan ada bintang dan galaxi bahkan kehidupan. Selama ini keberadaan partikel ini hanya ada dalam model teori standar.

Fisikawan yang berasal dari Indonesia yang terlibat penelitian ini yaitu Suharyo Sumowidagdo. Haryo adalah satu dari dua fisikawan Indonesia yang terlibat dalam penelitian ini. Fisikawan lain, Rahmat Rahmat, bekerja dari Laboratorium Fermilab di Amerika Serikat. Adapun Haryo bekerja di Laboratorium CERN di Jenewa, Swiss. Haryo mencontohkan, penemuan ini seperti teori relativitas Einstein yang ketika diumumkan tujuh puluh tahun lalu belum bisa dipahami. Kini, GPS bekerja berdasarkan teori itu. Tanpa teori Einstein, GPS tak akan bisa menunjukkan lokasi dengan tepat dan akan meleset 50 hingga 100 meter.

Lalu apa yang mungkin bisa dikembangkan dari teori ini? Apakah memungkinkan manusia bisa menghilang?
Secara teori, menurut fisikawan Universitas Negeri Arizona, Lawrence Krauss, mungkin. Tentunya jika ada perlakuan khusus yang bisa memanipulasi medan di sekitar partikel secara lokal. Maka bisa terjadi sebuah obyek menghilang, sehingga menjadi sebuah pengembangan senjata yang hebat atau trik sulap yang mencengangkan.

Apakah mungkin juga untuk perjalanan menembus waktu?
"Tentu", kata Krauss. Jika medan partikel Higgs-Boson dimanipulasi dalam area yang besar sehingga memiliki energi, maka akan terjadi energi gravitasi yang repulsif. Akibatnya, wilayah-wilayah di alam semesta ini akan bergerak cepat dan memindahkan barang-barang lebih cepat ketimbang cahaya.

Apakah ada hubungannya dengan kekuatan Supranatural?
Ahir – ahir ini fisika partikel dikait kaitkan dengan kemampuan yang dianggap mistik atau dikait – kaitkan dengan mahluk yang dinamakan “Jin” oleh sebagian orang. Seperi halnya pengobatan jarak jauh, pengobatan dengan mengarahkan tangan, telepati, dan yang terekstrim yaitu menghilangkan tubuh dan ilmu berpindah tempat. Mereka menyatukan kegaiban dengan ilmu pasti, dan mencoba merekayasa kegaiban tersebut dengan metode – metode yang mereka buat sendiri dari teori fisika tersebut.

No comments:

Post a Comment